**SELAMAT DATANG DI BLOG KEDAMAIAN**
MENCERAHKAN DAN HUMANIS
Monday, March 27, 2006
Siti Khadijah, Sang Wanita Impian

Siti Khadijah adalah keturunan Bani Quraisy yang sangat kaya raya dan merupakan istri Nabi yang pertama. Dia menjadi istri Nabi ketika Nabi masih muda. Yang menarik bagi Siti Khadijah pada diri Nabi adalah akhlak dan perangai beliau yang baik. Sikap yang berhati-hati dan watak beliau yang tulus itu telah menimbulkan kesan yang amat dalam pada diri Khadijah, dan secara berangsur-angsur hubungan keduanya berkembang menjadi rasa kasih dan cinta. Maka atas dasar itulah Siti Khadijah melamar beliau untuk menjadi suaminya. Walaupun ketika itu usia Nabi masih 25 tahun. Sementara Siti Khadijah adalah seorang janda yang sudah berumur 40 tahun. Pasangan ini ternyata bahagia dalam hal apapun.

Bagi Nabi, Siti Khadijah adalah sebaik-baiknya tempat untuk berhibur di kala beliau sedang dilanda kesedihan, tempat untuk berteduh di kala beliau sedang dalam keletihan, dan tempat bercumbu di saat beliau dalam kerinduan. Keduanya saling mencurahkan cinta dan kasih sayang dengan penuh kemesraan. Bersama, mereka menjalani kebahagiaan, bersama, mereka menjalani kesedihan, dan bersama pula mereka menjalani manis pahitnya kehidupan.

Ketika sudah berumur 40 tahun, Nabi suka menyendiri di Gua Hiro’ guna mendapatkan ketenangan jiwa. Hingga pada akhirnya hati beliau digoncang oleh datangnya wahyu pertama Tuhan pada malam Lailatul Qodar. Lalu dengan diliputi perasaan takut, pulanglah beliau.

Sesampainya di rumah, dengan wajah pucat dan tubuh gemetar, beliau langsung menceritakan apa yang dilihat dan apa yang didengar kepada Siti Khadijah. Demi melihat keadaan suaminya demikian, dia kemudian memeluk Nabi, berusaha menenangkannya, dan meyakinkannya bahwa apa yang dilihat dan apa yang didengar adalah betul-betul dari Tuhan. Maka, pada pangkuan Siti Khadijalah beliau mendapatkan ketenangan serta terbebas dari perasaan takut. Tak sedikitpun Siti Khadijah ragu dengan apa yang disampaikan Nabi. Dengan senyuman manis terukir di bibir, berkatalah dia, "Berbahagialah wahai suamiku tercinta, dan bergembiralah. Anda akan menjadi Nabi dari masyarakat ini".

Selama bertahun-tahun berikutnya di mana dunia terasa semakin sepi dalam pandangan Nabi dan tidak seorangpun yang percaya kepada beliau, Khadijah dengan teguh menghibur Nabi dan menghidupkan kembali api harapan yang amat kecil itu. Rupanya Tuhan menghibur Nabi melalui Khadijah, sebab dialah yang telah meringankan semua beban yang dipikul Nabi. Bahkan dialah orang yang pertama kali beriman dengan kenabian beliau, dan dialah perempuan yang pertama kali bersaksi bahwa” Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya".
Selama Siti Khadijah mendampingi, membantu Nabi, dan berjuang bersamanya, dia telah banyak memikul berat beban kehidupan. Namun tak secuilpun dia menampakkan kekecewaan dan penyesalan. Tak ada sesuatu yang tampak pada dirinya selain ketegaran, ketabahan dan kesabaran dalam menghadapi liku-liku dan lika-liku kehidupan walaupun sampai luka-luka demi kebahagiaan Nabi serta demi kejayaan agama.

Tat kala Tuhan memanggil Siti Khadijah keharibaan-Nya, Nabi ditimpa kesedihan yang begitu mendalam. Beliau mendo’akan supaya dia mendapatkan tempat yang paling baik di sisi Tuhan. Bahkan pada tahun kepergiaannya, Nabi banyak mengurung diri dan menjauh dari keramaian. Dan tahun ini dinamakan “Tahun Kesedihan”. Tahun di mana Nabi telah kehilangan seseorang yang sangat beliau cintai, seseorang yang telah banyak membantu beliau dalam menegakkan kalimat-kalimat Tuhan.

Betapa merananya dan terpukulnya jiwa Nabi dengan kepergiannya. Beliau terus mengingat, mengenang dan menyebut namanya walaupun dia sudah berlalu meninggalkan beliau. Goreskan luka, teteskan air mata. Sampai-sampai Siti A’isyah RA (salah seorang isrti Nabi) merasa cemburu dengan berkata “ Saya tidak cemburu pada seorangpun dari istri-istri Nabi SAW. Sebagai mana kecemburuanku terhadap Siti Khadijah, padahal saya tidak pernah melihat (bertemu) padanya sama sekali, tetapi Rasulullah senantiasa menyebut-nyebutnya. Bahkan ada kalanya menyembelih kambing dan memotong beberapa potong untuk dikirimkan kepada sahabat-sahabat Khadijah, sehingga saya berkata, seolah-olah di dunia ini tidak ada perempuan selain Khadijah. Maka dijawab oleh Nabi Saw., “Ia dahulu begini dan begitu —menghitung-hitung kebaikan Khadijah....”.( H R . Bukhori-Muslim)

Setelah itu, Siti A’isyah menanggapi perkataan Nabi dengan ucapannya:“ Tidakkah Allah telah menggantikan bagimu yang lebih baik dari Khadijah?” Lalu Nabi menjawab: “ Tidaaak!!!, Demi Allah, tidak ada pengganti yang lebih baik darinya, ia telah beriman kepadaku di waktu kaumku masih kafir, ia membantuku di saat semua orang menghinaku, dan ia telah memberikan harta kekayaan bagiku ketika serentak kaumku memboikotku...”.
 
posted by Roland Gunawan at 4:44 AM | Permalink |


0 Comments:





"TERIMA KASIH ANDA TELAH MAMPIR DI SINI"